Jenis Permainan Tradisional Anak Paling Menarik

Jenis Permainan Tradisional Anak Paling Menarik

Di zaman yang sudah modern ini, anak-anak banyak yang lebih menyukai permainan game online dan gadget mereka, padahal masih banyak sekali permainan tradisional anak yang sangat menarik dan tentunya membutuhkan banyak gerak yang memang baik untuk perkembangan anak itu sendiri.

Banyak sekali permainan anak yang dahulu dianggap sebagai salah satu cara untuk menguji motorik dan juga kepekaan anak. Permainan itu bisa anda simak dalam ulasan berikut ini.

Permainan tradisional anak paling favorit

Jenis Permainan Tradisional Anak Paling Menarik

Sudah banyak games dan permainan online yang membuat seakan permainan tradisional dibawah ini semakin pudar dan tidak pernah dimainkan. Bagi anda yang ingin bernostalgia atau ingin mengingat kembali jenis jenis permainan tradisional, maka anda dapat simak ulasan ini.

  • Petak umpet

Petak umpet merupakan salah satu permainan yang sangat seru untuk anak anak. Cara memainkan permainan ini cukup sederhana namun akan lebih seru jika diikuti oleh banyak anak. Permainan ini membutuhkan setidaknya lebih dari 2 orang. Untuk cara memainkan petak umpet, salah satu jadi penjaga dan kemudian pemain lain akan bersembunyi.

Penjaga harus menjaga area yang dijaga, apabila penjaga lengah dan pemain lain bisa menuju area yang dijaga, maka pemain tersebut akan memang. Untuk menentukan siapa yang akan jadi penjaga bisa memilihnya dengan hompipah.

  • Bola bekel

Bola bekel merupakan permainan tradisional anak selanjutnya. Sejumlah anak akan memainkan bekel dengan bola. Permainan ini membutuhkan skill khusus dalam mengatur dan menuju level berikutnya. Bagi yang dapat menjadi level tertinggi maka dapat menjadi pemenangnya. Bekel saat ini juga masih dapat dibeli dengan mudah melalui toko mainan atau toko online.

  • Kelereng

Anak laki laki sangat suka dengan permainan kelereng. Kelereng sendiri adalah bola kaca kecil dengan berbagai warna dan juga motif. Cara memainkan kelereng adalah dengan menyentil kelereng agar dapat mengenai kelereng lawan. Jika kelereng lawa dapat dikenai, maka kelereng akan menjadi miliknya. Banyak anak yang suka main kelereng karena dapat mengumpulkan berbagai jenis dan motif kelereng. Permainan ini akan semakin seru jika dalam grup permainan dimainkan oleh banyak orang.

  • Lompat tali

Lompat tali merupakan salah satu permainan yang sangat menarik. Dengan menjalin karet dan menjadikan karet itu Panjang, maka permainan akan dapat dimulai. Untuk memainkan game ini, ada 2 penjaga yang akan memegang tali dan pemain lain akan melompati tali tersebut. Untuk pemain yang tidak dapat melompatinya maka akan kalah dan menjadi penjaga yang menggantikan penjaga sebelumnya. Untuk permainan awal harus hompipah dan memilih siapa yang akan menjadi penjaganya.

  • Congklak

Congklak merupakan salah satu permainan tradisional anak yang sangat populer. Permainan ini akan dimainkan oleh 2 orang dengan menghadapi papan congklak dan biji congklak. Permainan itu mengharuskan pemain untuk mengisi congklak dengan biji sampe lubang congklaknya terisi penuh. Siapa yang dapat mengisi lubang paling banyak akan menjadi pemenangnya. Untuk menentukan siapa yang akan jalan duluan adalah dengan suit.

  • Egrang

Egrang merupakan salah satu permainan yang sangat menarik. Bermain egrang berarti bermain bamboo Panjang dan berjalan dengan bambu tersebut. Untuk itu pemain harus mempunyai keseimbangan agar dapat memainkan permainan tersebut dan berjalan diatas egrang dengan hati hati.

Itulah beberapa permainan anak yang sangat menarik dan dapat dipraktikkan untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *